Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Ujian Nasional Berbasis Komputer alias UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014. Kala itu, penyelenggaraan ujian online ini terbatas pada SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur saja. Melihat kesuksesan terobosan tersebut, pemerintah kemudian mencanangkan untuk melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer  pada beberapa sekolah percontohan mulai dari tingkat SMP dan sederajat hingga SMA dan sederajat di Indonesia.

Pada dasarnya, UNBK hanyalah mengganti metode ujian yang konvensional menggunakan kertas (UNKP alias Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil) ke dalam bentuk digital menggunakan komputer. Tidak ada perbedaan materi yang dibebankan pada siswa dalam ujian ini. Kendati demikian, tidak sedikit siswa yang masih merasa ‘kagok’ dengan perubahan ini—sekalipun zaman kini telah memasuki era digital.

Lantas, kiat apa yang harus dilakukan untuk mencapai sukses menghadapi UNBK?

Memperdalam Materi yang Akan Diujikan

Pada dasarnya tidak ada perbedaan materi yang akan diujikan baik dalam bentuk UNBK maupun UNKP. Maka dari itu, memperdalam materi yang akan diujikan menjadi kiat utama yang harus dilakukan.

Mengingat banyaknya materi yang akan diujikan, pembiasaan diri ini juga tidak sebaiknya dilakukan dalam waktu yang singkat. Siswa harus mempersiapkan amunisi terbaiknya untuk sukses menghadapi UNBK. Selain mendapatkan materi yang di kelas, ada baiknya menambah ilmu dengan adanya jam tambahan after class atau di bimbel.

Sering Mengikuti Try Out

Tidak hanya menguasai materi yang akan diujikan, siswa juga harus berlatih mengerjakan soal-soal agar lebih jeli. Ada banyak buku-buku maupun sumber di internet yang menyediakan bank soal. Dengan semakin banyak berlatih soal, siswa akan semakin memahami pola pertanyaan yang sering diajukan pada saat ujian.

Selain itu, pihak sekolah juga perlu untuk mengadakan try out secara berkala. Hal ini juga untuk menjadi bahan evaluasi pihak sekolah dalam mengetahui sejauh mana kesiapan siswa dan langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

Berlatih dengan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Meski kini siswa sudah terbiasa dengan gadget, tidak sedikit siswa yang berprestasi sekalipun masih merasa gugup saat menggerakkan mouse untuk mengerjakan soal. Hal ini tidak lain karena minimnya pengalaman berlatih ujian dengan cara online.

Selain mengandalkan simulasi UNBK bersama-sama yang diadakan pemerintah, pihak sekolah juga semestinya berinisiatif untuk memfasilitasi kebutuhan ini. Pastibosonline.com menyediakan paket CBT (Computer Based Test) yang dapat digunakan untuk ujian sehari-hari, baik ulangan harian, UTS, maupun UAS. Dengan mempersiapkan siswa sedini mungkin berlatih ujian online, semakin besar peluang bagi siswa dan sekolah untuk sukses menghadapi UNBK.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mencapai sukses menghadapi UNBK. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *