Pendidikan merupakan bagian dari otonomi.  Oleh karena itu, dana transfer daerah mengambil porsi paling besar.

Adapun 14 kementerian lembaga yang ikut menggunakan anggaran fungsi pendidikan adalah Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Perpustakaan Nasional, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pertanahan Nasional, Badan Meteorologi dan Geofisika, dan Badan Tenaga Nuklir Nasional.

perkembangan anggaran penddidikan

 

Besarnya anggaran pendidikan harus di ikuti dengan sistem tata kelola yang jauh lebih baik lagi.

 

Anggaran Kemdikbud yang mengikat terdiri dari Bantuan Siswa Miski (BSM), gaji dan operasional, PNBP, tunjangan guru, tunjangan dosen non PNS, UN dan akreditasi, beasiswa berprestasi, BOP, BOPTN dan pendaftaran mahasiswa, BOS SM, beasiswa guru dan dosen, sertifikasi guru dan dosen, PHLN, RMP PHLN.

Anggaran Kemdikbud yang menjadi prioritas nasional terdiri dari Wajar 9 tahun, kurikulum, PMU, penelitian dan pengembangan, budaya dan bahasa, pengembangan SDM, Paudisasi dan kecakapan hidup, lanjutan sarana dan prasarana perguruan tinggi, kompetisi dan lomba. Sedangkan anggaran Kemdikbud non gaji diperuntukan untuk koordinasi, monitoring dan evaluasi, dan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *