Dalam administrasi perpustakaan, petugas cukup disibukkan dengan hal-hal yang sesungguhnya mudah tetapi menguras cukup banyak waktu dan tenaga. Petugas kerap kali harus melakukan pencatatan mengenai histori peminjaman dan pengembalian hingga menghitung denda secara manual karna belum di implementasikannya perpustakaan online.

Padahal di era serba digital sekarang, petugas tidak semestinya lagi masih harus berkutat dengan hal-hal tersebut. Kini melalui sebuah aplikasi, petugas perpustakaan tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual dan mencari histori sirkulasi buku—baik didasarkan pada nama peminjam, kode buku yang tertera, maupun periode tertentu.

Manfaat Perpustakaan Online

PastibosOnline.com menyediakan solusi untuk mewujudkan perpusatakaan digital ini. Dengan kombinasi antara ketersediaan buku referensi yang lengkap, ruang baca yang nyaman, dan pencatatan yang dilakukan secara teratur, perpustakaan yang ideal bukan lagi hanya sebatas rencana.

Memudahkan pengecekan sirkulasi buku

Ketika seorang siswa meminjam buku, pihak administrasi sekolah biasanya hanya akan membubuhkan stempel pada selembar kertas di halaman terakhir buku yang mencantumkan tanggal pengembalian. Sebagai arsip bahwa buku tersebut dipinjam, pencatatan biasanya dilakukan secara manual.

Hal ini tentu akan sangat melelahkan terutama jika siswa terlambat mengembalikan buku—bahkan berbulan-bulan lamanya. Selain itu, data-data seperti peminjam yang dicatat secara manual juga sangat berisiko. Sementara itu bila menggunakan aplikasi, petugas dapat dengan mudah melakukan tracing siapa yang tengah meminjam sebuah buku dan melihat kapan terakhir batas pengembaliannya.

Memudahkan perhitungan denda

Beberapa jenis buku—terutama yang disarankan oleh guru—biasanya tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas dan mengharuskan murid untuk mengantre. Tidak jarang, siswa pun mengembalikannya melampaui jangka waktu yang telah diberikan, bahkan berbulan-bulan lamanya.

Pihak perpustakaan pun menerapkan denda tertentu karena pelanggaran atas aturan kedisiplinan yang diterapkan. Dengan menggunakan aplikasi, petugas tidak harus dipusingkan secara manual dengan mengecek dulu kalender dan menghitung besarnya denda yang harus dibayarkan. Sistem secara otomatis akan menampilkan nominalnya,

Memudahkan dalam menginfokan kepada siswa

Selain mencatat sirkulasi masuk dan keluarnya buku serta denda yang harus dibayarkan, aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan SMS notifikasi. Kini di era serba gadget, manfaatkan hal tersebut untuk melakukan pendekatan terhadap siswa.

SMS Notifikasi tersebut dapat difungsikan sebagai reminder. Isinya pun beragam, seperti misal memuat semacam alarm pengembalian buku. Selain itu bilamana peminjam telah masuk dalam masa denda, ada baiknya untuk memberi peringatan setiap hari agar denda yang dibayarkan tidak terlalu besar.

Kini di masa serba digital, ada banyak kemudahan teknologi IT yang bisa dimudahkan untuk semakin meningkatkan kinerja dan mempermudah komunikasi. Dengan aplikasi manajemen ini, mari ciptakan perpustakaan sekolah yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *